Syarat Daftar Universitas Terbuka

By Unknown Selasa, 16 Oktober 2012 67 comments
1. Persyaratan Calon MahasiswaUntuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah SLTA atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama calon mahasiswa harus melampirkan persyaratan umum sebagai berikut.
  1. Satu lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
    1. Legalisasi ijazah SLTA atau yang sederajat oleh sekolah asal yang bersangkutan atau Dinas Pendidikan Kab/Kota sekolah asal bagi sekolah yang telah ditutup;
    2. Legalisasi ijazah Diploma (untuk program sarjana) atau Sarjana (untuk program Magister) oleh perguruan tinggi asal.
    3. Calon mahasiswa yang berstatus CPNS/PNS legalisasi ijazah dapat dilakukan oleh Kepala Bagian Kepegawaian instansi tempat bekerja.
  2. Pasfoto ukuran 2 × 3 sebanyak 3 lembar. Selain kedua persyaratan umum di atas, masing-masing program studi juga mempunyai persyaratan khusus yang dapat dilihat pada Bab Kurikulum. Jika persyaratan tersebut tidak dipenuhi, maka yang bersangkutan tidak bisa diterima sebagai mahasiswa UT.
2. Cara Melakukan Registrasi Pertama
Dalam melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa hendaknya mengikuti prosedur berikut.
  1. Bagi mahasiswa penerima beasiswa, termasuk mahasiswa penerima beasiswa sistem paket semester (SIPAS) Program Non-Pendas dan Pendas, biaya yang dibayarkan sudah termasuk biaya berkas registrasi pertama dan berkasnya dapat diperoleh di instansi pemberi beasiswa atau Pengurus Kelompok Belajar.
  2. Bagi mahasiswa swadana atau yang membayar sendiri biaya studinya, berkas registrasi pertama dapat diperoleh di UPBJJ–UT tanpa dikenakan biaya. Tabel II.1
    Ciri Berkas Registrasi Pertama
    Program Ciri-ciri Isi
    Non-Pendas
    Diploma dan S1 Amplop bertuliskan “REGISTRASI PERTAMA PROGRAM NON-PENDAS” warna hijau
    1. Formulir Data Pribadi Mahasiswa (F1 E)
    2. Katalog UT
    3. Deskripsi Mata Kuliah
    Pendas
    S1 PGSD dan
    S1 PGPAUD
    Amplop bertuliskan “REGISTRASI PERTAMA PROGRAM PEN­DAS” warna ungu
    1. Formulir Data Pribadi Mahasiswa (F15 D)
    2. Blangko Kartu Mahasiswa
    3. Katalog Program Pendas UT
    Pascasarjana
    Magister Amplop bertuliskan "REGISTRASI PERTAMA PROGRAM PASCASARJANA" warna biru
    1. Formulir Data Pribadi Mahasiswa (F1-E)
    2. Katalog UT
    3. Deskripsi Mata Kuliah
    4. Formulir Admisi
    5. Formulir Rekomendasi
    6. Amplop Admisi
    7. Amplop Rekomendasi
    8. Kartu Tanda Peserta Tes Masuk Program Pascasarjana
    9. Panduan Mahasiswa Program Pascasarjana
  3. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa (F1-E/F15D) dengan lengkap dan benar sesuai dengan petunjuk pengisian yang terdapat pada halaman belakang formulir.
    1. Mahasiswa Program Non-Pendas mengisi alamat individu yang dapat dijangkau oleh jasa pos (alamat rumah atau tempat bekerja).
    2. Mahasiswa Program Pendas mengisi alamat Pokjar dengan alamat Dinas Pendidikan, dan alamat rumah dengan alamat sekolah tempat mengajar.
    3. Tempat dan tanggal lahir harus diisi sesuai dengan surat akta kelahiran atau identitas lainnya, seperti SK Pengangkatan PNS dan ijazah. Mahasiswa mengisi kode dan nama program studi sesuai dengan pilihan. Daftar program studi dapat dilihat pada Lampiran 6 Katalog UT Non-Pendas.
  4. Menentukan mata kuliah semester satu.
    1. Bagi mahasiswa Pendas, Non-Pendas Program SIPAS (Sistem Paket Semester), dan PPs, meregistrasi mata kuliah semester 1 (Paket 1).
    2. Mahasiswa Non Pendas (Non SIPAS) harus memilih mata kuliah yang akan diambil pada semester 1. Namun demikian mahasiswa disarankan mengikuti arahan pengambilan mata kuliah yang dapat dikonsultasikan ke UPBJJ-UT.
  5. Menyerahkan berkas registrasi yang telah diisi dan dilengkapi persyaratannya ke UPBJJ-UT setempat paling lambat satu minggu sebelum batas akhir penerbitan LTR. Persyaratan tersebut terdiri dari:
    1.  Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi.
    2.  Khusus untuk calon mahasiswa FKIP Program Non-Pendas dan Pendas:
      1. guru PNS/CPNS atau non PNS, fotokopi SK pengangkatan diterbitkan oleh Pemerintah/Pemerintah Daerah, dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang; atau
      2. guru non PNS, fotokopi SK pengangkatan diterbitkan oleh Ketua Yayasan Penyelenggara Satuan Pendidikan yang berbadan hukum, dilegalisasi oleh Ketua Yayasan; atau
      3. guru non PNS yang tidak memiliki fotokopi SK Pengangkatan dari Yayasan (misal SK Pengangkatan dari Kepala Sekolah), tetapi memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dapat melampirkan fotokopi NUPTK yang dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang.
    3.  Persyaratan tambahan untuk calon mahasiswa Program Pendas:
      1. SK pengangkatan harus sebagai guru kelas di SD untuk Program studi S1 PGSD dan pengangkatan sebagai pendidik di Lembaga PAUD untuk Program Studi S1 PAUD.
      2. Surat ijin belajar dari kepala sekolah tempat mengajar.
      3. Surat pernyataan di atas materai tidak menuntut diangkat menjadi PNS bagi guru non-PNS.
  6. Menerima Lembar Data Pribadi (LDP) dari UPBJJ-UT dan segera memeriksa kebenaran data. Bila ada kesalahan segera mengajukan perbaikan agar tidak terkendala pada pelaksanaan ujian akhir semester.
  7. Menerima bukti registrasi mata kuliah berupa Lembar Tagihan Registrasi (LTR) yang mencantumkan beberapa hal.
    1. Nomor Tagihan sebanyak 20 digit terdiri dari 5 digit pertama menunjukan masa registrasi berjalan, 9 digit berikutnya menunjukan NIM mahasiswa dan 6 digit berikutnya kode jenis pembayaran.
    2. Mata kuliah yang diregistrasi.
    3. Jumlah biaya pendidikan yang harus dibayar.
    4. Tanggal batas pembayaran.
      Memeriksa kebenaran data LTR. Jika terdapat ketidaksesuaian data, segera kembalikan LTR tersebut ke UPBJJ-UT untuk diperbaiki. Apabila LTR sudah benar, segera lakukan pembayaran ke bank. Contoh LTR dapat dilihat pada lampiran 27 sampai dengan 37.
  8. Membayar biaya pendidikan dengan cara:
    1. datang langsung ke Bank BRI, Bank BTN, atau Bank Mandiri dengan membawa LTR, 
    2. membayar melalui ATM BRI, ATM BTN, atau ATM Mandiri (Lihat Lampiran Katalog UT Non-Pendas 38, 39, dan 40), atau melalui internet/sms banking Bank Mandiri; atau
    3. membayar di UPBJJ-UT dengan menggunakan kartu debit Bank BRI melalui Electronic Data Capture (EDC).
  9. Menerima kartu mahasiswa sebagai bukti telah terdaftar sebagai mahasiswa UT yang telah disahkan oleh UPBJJ-UT setelah melakukan pembayaran.
  • Lakukan pembayaran biaya pendidikan sesegera mungkin, untuk menghindari antrian panjang di bank.
  • Keterlambatan pembayaran biaya pendidikan di bank berakibat batal registrasi.
3. Kartu Mahasiswa
Kartu Mahasiswa merupakan kartu identitas mahasiswa UT. Kartu Mahasiswa wajib dibawa pada saat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) dan pada saat ujian.
Pada kartu mahasiswa tercantum:
  1. Nomor Induk Mahasiswa (NIM);
  2. Nama Mahasiswa;
  3. Alamat Mahasiswa;
  4. Tempat dan Tanggal Lahir;
  5. Program Studi;
  6. UPBJJ-UT;
  7. Masa Registrasi I.
Blanko kartu mahasiswa wajib diisi oleh calon mahasiswa sesuai data yang sebenarnya dengan menggunakan mesin tik. Tanda tangan mahasiswa pada kartu mahasiswa harus sesuai tanda tangan pada dokumen formal lainnya (KTP/SIM/Ijazah).
Mahasiswa UT tidak dibenarkan memiliki lebih dari satu NIM dan satu kartu mahasiswa.
Sharing is sexy

Related posts

67 komentar for this post

  1. saya ingin tanya, apa untuk masuk Universitas Terbuka harus melalui tes terlebih dahulu...???????
    plis bales,
    TERIMA KASIH

  2. Ndak ada tes Mas
    Tinggal daftar and Registrasi aja
    Saya aja baru mulai tahun ini

  3. apakah program s2 pgsd sudah ada?

  4. bagaimana dengan besic S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastera Indinesia ke S-1 PGSD, apa ada ada mata kuliah yang dikonversi? kira-kira berapa semester yang ditempuh?

  5. bolehkah mendaftar secara online menggunakan foto scan?

  6. batas pendaftaran tahun ajaran 2014-2015 yg masuk bulan september, sampai kapan yah...? makasih

  7. gimana sih sistem kuliahnya ? aku masih bingung banget .. tolong infonya . makasih

  8. Saya mau daftra kuliah gimana ya caranya ??
    Saya lulusan SLTA tahun 2013 .

  9. Saya pernah ikut UT, setelah beberapa tahun tidak aktif dan kartu mahasiswa juga sudah tidak ada, bisakah menyelesaikan?
    Terimakasih

  10. Saya mw dftr ut wlyh smrg,sy llsn thn 2014 ,gmn cr pbdftrny dan kpn pntpny trmksh mhon d bls...

  11. Mohon penjelasan mengenai Pendas dan Non Pendas..
    Terima kasih.

  12. pendaftaran program pasca sarjana bea siswa bagi guru pns (pgsd) kapan

  13. saya lulusan s1 PGSD terus kalau saya mau melanjutkan ke s2 tp yang pendidikan matematika bisa gak ya?

  14. Saya Mau daftar tahun 2016 , Untuk yang bekerja sistem perkuliahannya gimana..? Tolong balas

  15. kalau lulusan D3 Manajemen Perusahaan buat translit S1 Manajemen bisa tidak yaa ??
    dan pendaftarannya bagaimana ??

  16. Ada info lowongan dosen agama Kristen tidak mr/mrs. trims infonya.

  17. saya masih bingung? syarat masuk ut-pendas pgsd apksh hrs ada surat kerja 1 th sbg guru ?

  18. Pake ijazah paket c bisa ga ya masuk ut ? Mohon infonya trimakasih.

  19. Kalau belum punya ijasah gimana pakai apa daftarnya soalnya kan belum keluar ijasahnya

  20. ini cara ngurusnya ke dikbud setempat atau kemana bang?

    --
    kunjungi juga informasi ho terbaru <a href="http://hapebagus.com/>sumber</a>

  21. Untuk mendaftar,harus ke kampusnya atau bisa online ? Dan untuk registrasi pertama,biayanya berapa yah ?

  22. untuk program s2 gimana tes apa hanya melihat ipk s1 aja

  23. Saya 48 th pingin kuliah di UT krn saya ingin mengikuti prog S1 astra Inggris bolehkah dan ada testnya nggak ato semua online prosesnya, krn saya kebanyakan di kapal pesiar.jadi ada kesempatan buat umur sekian. Terima kasih

  24. Surat ijin belajar pada persyaratan mahasiswa memangg benar hnya diketahui sma kepala sekolah lembaganya masing" kan apa juga harus da lgalisir dri UPTD nya?kalau yg saya tu dan liat dpersyaratan diatas hnya diketahui sama kepala sekolah saja.. Saya masuk UT thun 2015 dan ini saya sudh masuk smster 4..saya tnyakan krna takut nnti jika kdepannya bermasalah.. mohon penjelasannya..

  25. Surat ijin belajar pada persyaratan mahasiswa memangg benar hnya diketahui sma kepala sekolah lembaganya masing" kan apa juga harus da lgalisir dri UPTD nya?kalau yg saya tu dan liat dpersyaratan diatas hnya diketahui sama kepala sekolah saja.. Saya masuk UT thun 2015 dan ini saya sudh masuk smster 4..saya tnyakan krna takut nnti jika kdepannya bermasalah.. mohon penjelasannya..

  26. Kalau masuk UT tahun 2017 ini apa ada tes yang mengikuti jadwal SBMPTN atau gimana. Terimakasih mohon balasannya

  27. pak sya mau tnya jika saya kuliah di UT (PGSD), syaratnya harus memiliki SK pengapdian, sedangkan sya bru tmt sma,sedangkan yg sya dengar jika ingin mengabdi di Sd minimal hatus smester 5 dan dlm kondisi msh kuliah, gmna ya ? mohon pencerahanya pak

  28. Apakah ut menerima ijasah paket c

  29. Apakah yg ikut boleh yang bukan guru kelas? Saya ngajar sd tapi mengajar mulok saja bukan guru kelas apa bisa daftar ya? Soalnya kan ini kan pakai SK mengajar

  30. bagaimana melihat mata kuliah yang sudah kita ambil.. dan yang belum berapa mata kuliah lagi.. ya.. mohon bantuannya

  31. saya mau tanya tanggal berapa mulainya pendaftaran tahun 2018 nanti? tolong bantuannya....

  32. bagaimana cara daftar di UT utk program transfer ? mohon penjelasannya. makasih

  33. Klo lulusan SMA tp mau masuk UT untk program PG..Boleh tak!? dan syaratnya apa!?

  34. Apakah di UT masih ada pembukaan kuliah Akta IV?

  35. Kapan ada pendaftaran gelombang ke dua di UT tahun ini ???

  36. Saat ini saya guru di smk dan telah lulus dr perguruan tinggi nengri, karena jurusan yg saya ambil adalah pnddkn bhsa daerah saya berkeinginan masuk di ut menggambil pgsd apakah bisa trasfer jurusan dan haruskah saya mengabdi dulu di sd gitu?? Mohon informasinya

  37. Untuk ut yg ada program pendidikan dasar, ada tes masuknya. Untuk yg sudh punya toefl tdk perlu tes b.ing.
    Tdk perlu transfer jurusan.
    Brhubung tdk ada persyaratan surat mengajar, jdi g wajib mengajar di sd.

  38. Kalau tamat SMK bisa gak ikut UT... caranya gimana ya... ada gak yang bisa untuk di hubungi...

  39. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

  40. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

  41. Kapan pendaftaran UT Medan tahun 2018 ini?

  42. Apakah ada syarat sudah mengajar di sekolah untuk yang ambil pendas

  43. Maaf kalau seandainya kita mau masuk UT ambil jurusan pgsd itu kira" persyrtannya apakah harus mngjarr dluu . apa gmna untk mlngkpiiny mhon ! Kalau tdak mngajarr apakah bsa ambil jurusann PGSD mhon infonya sya bulan in msuk UT

  44. Ada kok tambah enk msuk ut kalau sdah mengajar sedngkan saya tdak mngajarr mngkin agak sulit ambil jurusann pgsd

  45. Info di ut donk..
    Saya ambil jurusan perpajakan..?
    Daftarnya gmn ya ?

  46. info untuk pendaftaran bisa online apa langsung datang ke kampus?

  47. UT purwokerto mash buka tidak yah??

  48. sepertinya saya telat masuk UT tahun ini. Ada lagi kapan ya?. mohon infonya. trima kasih banyak.

  49. Untuk ngambil jurusan PGSD gak harus ngajar dulu kan ? Daftar nya kayak gimana ? Ada gelombang ke 2 nya gak ? Ada no. Telpon yg bisa di hub ?

  50. Untuk pendaftaran tahun ajaran 2018/2019 itu mulai tanggal 4 juni-14 agustus 2018 dan tanggal 3 desember 2018 - 6 februari 2019

  51. Bagi no WA donk,yg bisa dihub

  52. ada ga yah program penyetaraan PGSD S1 dari lulusan s1 Tehnik Informatika?
    mohon penjelasannya 🙏
    saya sangat minat dengan PGSD

  53. kalo mau daftar ke jurusan pendidikan (FKIP) itu harus ada surat pengalaman mengajar 1 tahun ya?

  54. Saya ingin mendaftar di universitas terbuka. Namun saya tidak bekerja, apa bisa mendaftar.
    Lalu, program non pendas it ap? Apa untuk yg tidak sedang bekerja sebagai guru

  55. Minta infonya dong seputar UT,cara dftarnya gimana??

  56. Berarti tahun ini sudah lewat kah ? Mohon penjelasan nya

  57. Lulusan tahun 2019 jadwalnya kapan ya min?

  58. Saya mau bertanya, apakah kuliah pgsd di UT harus magang dulu 1 tahun mengajar di SD?

  59. Saya mau tanya pak/bu, apakah UT PGSD itu harus ada sertifikat honor Ny?
    Mohon pencerahanny

  60. saya mau tanya, kalau persyaratan untuk ijazahnya belum di legalisasi bisa tidak yah mohon infonya trims

  61. Gimana kak, udah dapet infonya bełum ?
    Saya juga mau ambil pgsd tapi ga ngajar, kira2 bisa ga ?

  62. Maaf sblmnya pak sy mau tanya ijasah SD dan SMP sy jga hilang pak,gimana cara urusnya ya??
    Soalny sy wilayah Sulawesi tengah jdi binggung dibikin,mohon solusix??

  63. Kak gmn bisa GK yg TDK ngajar ambil jrsn PGSD kak

  64. Pendas ( pendidikan dasar ), yang masuk ke pendas itu seperti PGSD dan PGPAUD.

    Non pedas (Non- pendidikan dasar) seperti FKIP selain PGSD dan PGPAUD.

  65. UT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yang diberi istilah Program Non-Pendas dan Program Pendas. Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum kecuali program Non-Pendas FKIP. Program Non-Pendas FKIP hanya dapat diikuti oleh mereka yang sudah bekerja sebagai guru. Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus bagi para guru SD dan guru PAUD. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendas adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).

    Kedua jenis program ini mempunyai sistem registrasi dan waktu ujian yang berbeda dengan program Non-Pendas. Dalam Program Non-Pendas semua mata kuliah ditawarkan setiap masa registrasi (semester), sedangkan dalam Program Pendas mata kuliah ditawarkan dalam bentuk paket semester.

Leave a reply